Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Sensitivitas Lembaga Terhadap Perubahan dan Peluang

Lembaga pendidikan berfungsi dan berperan dalam pembentukkan sumber daya manusia yang berkompeten pada jamannya, kreatif, inovatif dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, menuntut para manajer pendidikan untuk mencari dan menerapkan suatu manajemen baru yang dapat mendorong perbaikan mutu pendidikan. Wakhid S CiptonoOleh karena itu pembenahan manajemen pendidikan sangatlah diperlukan. Pembenahan manajemen pendidikan diperlukan sensitivitas lembaga dalam melihat sebuah perubahan yang muncul untuk mengelola kegiatan antisipasi yang harus dilakukan terhadap dampak dari perubahan tersebut, sekaligus melihat peluang yang muncul yang dapat diambil untuk pengembangan lembaga.
Pandangan dan pemikiran Rhenald Kasali sebagaimana disampaikan oleh Wakhid Slamet Ciptono terkait dengan managemen perubahan bahwa organisasi mendasarkan kepada perubahan cara berpikir dan berperilaku manusia guna membebaskan berbagai belenggu untuk meraih keberanian dan keberhasilan dalam proses pembaharuan (reformasi). bahwa managemen perubahan adalah upaya untuk menyajikan ramuan dari berbagai disiplin ilmu (colla-borative advantage among interdisciplinary studies) guna memecahkan masalah peru-bahan. Disiplin – disiplin ilmu itu terdiri atas: leadership, change management, marketing management, psychology, behavioral genetics, neuroscience, neuroplasticity, sociology. Secara garis besar ramuan dari berbagai disiplin ilmu yang tertuang dalam buku Rhenald Kasali memfokuskan pada manusia yang menjalankan perubahan itu sendiri, bukan pada alat-alat atau masalah yang manusia hadapi.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>