Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Siklus Manajemen Pengetahuan

Pengetahuan individu, kelompok dan organisasi dikaptur, diciptakan, dikodifikasi, dibagi, diakses, diaplikasikan dan digunakan ulang dalam siklus manajemen pengetahuan.

Manajemen pengetahuan yang efektif membutuhkan organisasi untuk mengidentifikasi,mengeluarkan, meraih, memadukan, dan memperoleh manfaat dari pengetahuan yang memberikan keuntungan strategis bagi organisasi.

Tujuan utama proses manajemen pengetahuan adalah mengidentifikasi, menempatkan sumber-sumber pengetahuan dan pengetahuan dalam organisasi.

  • Model life-cycle Manajemen Pengetahuan Wiig


1. Build knowledge
Belajar dari pengalaman personal, pendidikan formal, dan pelatihan-pelatihan, juga dari sumber-sumber intelegensi ( buku, media, teman sejawat). Tahap ini bisa dilakukan dengan proyek penelitian dan pengembangan, inovasi oleh individu untuk meningkatkan kegiatan kerja mereka, experimen, dan menyewah orang baru. Penciptaan pengetahuan juga bisa dilakukan dengan menginfor pengetahuan organisasi lain dan mengopservasi dunia nyata.
2. Hold knowledge
Langkah-langkah menganalisa sumber pengetahuan terdiri dari :
a. Menyerap pengetahuan
b. Mengabtraksikan materi yang diserap
c. Mengidentifikasi pola penyerapan
d. Menjelaskan hubungan antara pecahan pengetahuan
e. Memferifikasi apakah materi yang diserap berhungan dengan makna sumber aslinya.
3. Pool knowledge
Adalah kegiatan mengkoordinir, merakit, mengakses, dan menyimpan pengetahuan dalam bentuk sistem manajemen pengetahuan atau kelompok masyarakat.
4. Use knowledge
Tahap pemanfaatan pengetahuan dalam konteks kerja dan menyertai proses kerja.

Bukowitz dan Williams

• McElroy

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>