Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Tools and Application Knowledge Manajemen

Perangkat-perangkat ini digunakan untuk memfasilitasi komunikasi, kolaborasi, dan content management untuk penangkapan, penyebaran, dan penerapan knowledge yang lebih baik.

Beberapa klasifikasi yang dilakukan seperti oleh Ruggles (1997) dan Rollet (2003) mengaitkan KM tools dengan sarana untuk mengkomunikasikan dan menyebarkan pengetahuan, kodifikasi kepada user dan membantu proses penciptaan pengetahuan itu sendiri.
Content Creation Tools:

  • Dikaitkan dengan CMS
  • CMS akan menjadi “komoditi” masa depan
  • Perlu adanya standar implementasi dan pemahaman isu usability

Berikut ini contoh Aplikasi Tools Knowledge Manajemen di Sekolah
1.Pengelolaan Database untuk Sistem Informasi Manajemen di sekolah
Secara umum, teknologi informasi diimplementasi dalam kategori sbb.:
a. Untuk menunjang administrasi sekolah (school/business administration tools)
b. Untuk menunjang proses belajar mengajar (learning tools)
c. Untuk mengelola pengetahuan (knowledge management tools)

Sistem Informasi Manajemen dalam bentuk database  sangat  menunjang administrasi sekolah sebagai bentuk aplikasi terintegrasi yang mengakomodasi berbagai bagian di sekolah, mulai dari siswa masuk, pencatatan nilai, kehadiran, penjadwalan, adminstrasi keuangan, manajemen inventaris sampai pada level ke bantuan pimpinan untuk pengambilan keputusan.

Dalam hal pemanfaatan untuk mengelola pengetahun, banyak aplikasi untuk menampung dan mengelola file-file berisi berbagai pengetahuan. Berbagai format file seperti teks, audio, video, gambar dapat disimpan dan diakses dengan mudah. Bisa diterapkan di lingkungan lokal (LAN) atau pun juga lingkungan global internet.

2. Pemanfaatan Blog/ website
Tools yang adapun sebenarnya dekat dengan apa yang sudah pernah kita alami sendiri di internet. Contoh paling konkrit adalah pemanfaatan blog internet (http://sarastiana.com) sebagai sarana untuk membuat content tersedia bagi user internet lainnya (siswa). Memanfaatkan internet untuk proses belajar mengajar, misal dengan bentuk ulangan online (http://evaluasi.sarastiana.com) dan memasukan content- conten pendidikan/ materi/ bahan ajar yang dapat diakses siswa atau siapa saja sehingga akan membentuk suatu tacit baru bagi yang membacanya.
Pemanfaatan untuk menunjang proses belajar banyak ditemui dalam bentuk pembelajaran interaktif seperti e-learning atau computer-based teaching. Sebagai materi ajar interaktif yang dikembangkan secara stand-alone atau dijalankan dalam lingkungan belajar e-learning berbasis internet, misalnya berupa ulangan online. Sebagai contoh pada gambar dibawah ini, bentuk aplikasi ulangan online dengan alamat di (http://evaluasi.sarastiana.com)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>