Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Kapitalisme Sudah Mati; Hidup Kapitalisme !!!

Itu judul sebuah tajuk pada harian terkemuka Inggris, Financial Time yang terbit pada akhir desember 2011. Krisis yang terjadi di Yunani dan berimbas hampir ke seluruh Negara- negara Eropa membuktikan ketidakkonsistensinya sistem ekonomi liberal atau lebih tepatnya kapitalisme yang selama 200 tahun mencari bentuk yang berkombinasi dengan demokrasi liberal.

Amerika Serikat di era kepemimpinan Ronald Reagan kurang lebih tahun 1980an, mulai menghembuskan paham baru tentang neoliberalisme yang kemudian di amini oleh PM Inggris saat itu Si Tangan Besi Margareth Thatcher dua negara yang saat itu menjadi icon ekonomi. Dengan paham neoliberalisme ini, ekonomi pasar dilepas dari kekuasaan dan pengaruh negara/ pemerintah dengan melakukan privatisasi perusahaan- perusahaan milik negara. Sehingga dihembuskan angin globalisasi dunia… pasar bebas.

Berakhirnya perang dingin dan keruntuhan Uni Soviet serta runtuhnya Tembok Berlin makin mengokohkan kecongkakan dominasi ekonomi negara barat dengan mencengkeram ekonomi dunia yang memuluskan the spread of neoliberalism.  Dengan dibarengi kemajuan teknologi informasi sehingga tidak lagi mengenal batas dimensi tempat dan waktu. Sehingga mengaplikasikan adanya pasar bebas menjadi sebuah keniscayaan pada suatu negara.

Krisis di Eropa pada belakangan ini di awali dengan ambruknya Lembaga Perbankan investasi terbesar keempat di AS yaitu Lehman Brothers pada tahun 2008, yang bukan saja lembaga keuangan yang mengalami dampaknya tetapi negara, seperti AS, Portugal, Spanyol, Italia dan Yunani. Bahkan AS mengalami penurunan peringkat utang dari AAA menjadi AA yang dikeluarkan oleh Standard & Poor’s yang diikuti oleh negara eropa seperti Perancis.

Kapitalisme bentuk kepemilikan modal yang dimiliki dan digunakan/diinvestasikan swasta terserah akan digunakan untuk apa oleh swasta itu (pemilik modal)..apa mau gua… jadi pemilik modal yang terus untung/ tumbuh/ berkembang (visioner) akan turut mengarahkan kalau boleh dikatakan menyetir ekonomi. Dimana Negara? yaitu tadi disetir oleh pengusaha2, ini pemahaman saya…. Modal yang diinvestasikan dikatakan sukses berarti memperoleh laba dan gagal berarti rugi…..perusahaan yang berkembang yang banyak diburu konsumen dan sebaliknya….. ini menurut peraih hadiah nobel ekonomi Edmund S Phelps.

Disaat ekonomi Eropa mengalami krisis,  pertumbuhan ekonomi dikawasan asia atau tepatnya khusus NEGARA CINA mengalami kenaikan yang signifikan….. oya saya ulangi lagi bukan seluruh Asia tapi perkembangan ekonomi negara Cina semakin naik …. Silahkan kita menilai sendiri- sendiri tentang kemanjuran ism- ism tersebut mana yang akan kita pilih (emangnya sudah jadi Presiden ?……)

Kita masih ingat krisis yang melanda Asia… tidak ada yang tidak menderita, Bapak Suharto saja bisa lengser gara- gara ini…… semua terkena dampaknya….keterpurukan rupiah terhadap dolar … menimbulkan berbagai upaya dari individu golongan menengah yang terkena PHK untuk suvival, timbul upaya swadaya menopang ekonomi dengan mendirikan warung- warung tenda, dan banyak kisah sukses setelah terPHK akibat krisis 1997…..inilah bentuk daya tahan ekonomi kerakyatan terhadap krisis atau boleh menyebutnya Manajemen Merah Putih yang seharusnya…..

3 comments to Kapitalisme Sudah Mati; Hidup Kapitalisme !!!

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>