Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Jabatan Menghambat Empati

Menurut hasil penelitian Prof.Adam Galinsky dari The New York University ternyata menjadi pejabat atau orang yang memiliki kekuasaan dapat menghambat rasa empati. Penelitian dengan sampel para pimpinan perusahaan yang mereka rata- rata berpendidikan tinggi mayoritas didapati sulit mengenal emosi orang lain disekitarnya atau tidak tanggap terhadap lingkungannya.

Demi menghalangi penggusuran....karena oknum pejabat yang tidak berempati?

Bagaimana dengan rakyat? Pernah suatu ketika ada seorang ibu yang sedang naik bus umum sambil menggendong anaknya…karena bus tersebut penuh maka dengan terpaksa ibu berdiri…melihat hal itu bapak kondektur meminta kesediaan para laki- laki yang duduk untuk bersedia memberikan tempatnya bagi ibu ini. Beberapa kali ditawarkan tetapi tak satupun laki-laki yang bersedia berdiri untuk memberikan kesempatan ibu yang menggendong anak ini duduk….Kesal karena tak ditanggapi, Pak Kondektur mencoba mencolek laki- laki yang memakai seragam sekolah SMA….apa yang dilakukan anak SMA tersebut …berpura- pura tidur….Tak patah semangat Bapak Kondektur ini menyolek seorang pemuda yang tinggi tegap layaknya seorang militer yang tengah duduk santai dekat seorang wanita…Pemuda ini nampak berang diminta untuk berdiri dengan alasan..” Ah saya lagi capek”.

Demikian yang terjadi di negeri tercinta ini para pejabat sulit untuk menunjukan empati kepada rakyatnya, pun bagaimana mungkin kita berharap kepada wakil rakyat untuk berempati kepada rakyat  yang diwakili?….jika kebijakan yang diambil jauh kepentingan rakyat? Rakyat sulit berempati kepada sesama mungkin karena tengah berat menanggung tekanan kehidupan….sehingga sulit memikirkan kebaikan selain untuk dirinya sendiri…untuk sendiri saja susah, bagaimana mau mikirin orang lain…mungkin kira2 pikiran mereka.

Sesungguhnya empati adalah proses yang terus konsisten melatih jiwa, seberapa sering kita mengasah harmonisasi hubungan antara Allah dan sesama (Meutia Geumala,2002).

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>