Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

The Power of Kepepet

Sumber Kompas

Membaca Tafakur majalah UMMI, sebuah majalah wanita islam, tertarik menyikapi masalah perubahan contohnya menghadapai berbagai kepanikan hidup karena kenaikan BBM, yang sudah dipastikan berefek domino terhadap kenaikan hampir semua kebutuhan pokok manusia, transportasi, listrik, sembako, dan lain- lain.

Sebenarnya berat atau ringannya suatu masalah bukan terletak pada masalah itu sendiri akan tetapi seberapa besar dan kuatnya otot mental kita dilatih untuk menghadapinya. Bagi yang menghadapi suatu masalah dengan pasrah dan keluh kesah, keadaan apapun sama susahnya dan bagi yang mengubah kesempitan menjadi The Power of Kepepet, kesulitan menjadi kesempatan untuk bangkit memperbaiki keadaan.

Seandainya kenaikan BBM tidak menyebabkan kenaikan harga yang lain tentu tidak sepanik bulan2 lalu (walau tidak jadi naik). Jadi harga komoditas lain dijaga supaya konstan (tidak naik). Apakah bisa? Menurut saya bisa, disinilah peran pemerintah…..Salah satu peran pemerintah didalam ekonomi adalah menetapkan harga barang (tertentu) misalkan tarif angkutan umum, tarif listrik dan tarif sembako/ kebutuhan pokok (seharusnya dengan identitas tarif karena ditetapkan bukan harga). Kenapa sepertinya pemerintah tidak berdaya..padahal punya kewenangan untuk itu? Masalah Politik, demokrasi liberal, neoliberalisme dsbnya itulah yang menghilangkan peran pemerintah di ekonomi…penentu pasar sekarang adalah pemegang modal besar…Baca disini Kapitalis sudah mati; hidup kapitalis

Jadi misalkan harga BBM naik, pemerintah seharusnya dapat menjaga harga2 yang lain tetap/ konstan sehingga kemungkinan terjadi inflasi kecil. Sehingga dalam waktu yang bersamaan tidak terjadi kelonjakan harga. Disinilah letak subsidi yang seharusnya.

Jadi apapun masalah dalam hidup ini hakikatnya sama, harus dihadapi dengan sikap tepat.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>