Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Gerbong Kereta Pemilu 2014

Apa jadinya jika perusahaan dipimpin oleh seorang yang sesungguhnya berkapasitas sebagai pegawai? Seorang yang menjadi presiden belum tentu memiliki sifat kenegarawanan….Menurut Indra Tranggono dalam Kompas (9/6/2012) mengemukakan bahwa seorang pemimpin yang berkapasitas negarawan bukanlah seorang pelancong kekuasaan yang menunggu kereta pemilu lewat, melainkan pencipta perubahan. Seseorang yang hanya sebagai pelancong kekuasaan tidak punya komitmen untuk mengelola kekuasaan itu dengan baik. Ada pepatah yang menyebutkan musang berbulu domba ….seseorang yang sepertinya negarawan (castingnya) ternyata hanya seorang makelar gerbong kereta partai….untuk mendulang pengaruh- pengaruh kekuasaan sehingga memudahkan terisinya pundi- pundi keuangan sebagai modal sambil menunggu Gerbong Kereta Pemilu. Banyak tokoh- tokoh yang berjiwa negarawan yang terjegal dalam menaiki gerbong pemilu ini….

Pemimpinan yang seperti ini akan menunjukan jiwa pemimpin yang mekanistik bukan organik..sifat yang inferior, powerless yang memunculkan budaya kambing hitam….kasihan sekali ini si kambing! Sehingga dalam masa kekuasaannya berdalih pengetatan anggaran untuk subsidi bagi rakyat ….alih- alih masuk kantong sendiri. ..apakah pemimpin seperti ini yang kita cari?celakanya lagi untuk memilih 1 orang dari lebih dari 250 juta penduduk sangatlah sulit kalau tidak dikatakan dipersulit….

Seorang negarawan harus dapat memimpin dengan pendekatan pemberdayaan dan pengembangan yang bersifat transformasi, mentranformasi idealisme dan ideologinya sehingga terciptalah nilai (value creation)…maka dalam kepemimpinannya ada bukti nyata tentang jorgan- jorgan yang disampaikan kepada penumpang saat dia menaiki gerbong pemilu tadi…Bagaimana dengan Tokoh Mudah ? Dalam sejarah kita mengenal Sukarno disaat usianya 25 tahun sanggup pemimpin PNI salah satu partai politik yang sangat berpengaruh dijaman revolusi. Jenderal Besar Soedirman umur 29 tahun sudah sangat disegani, Sultan HB IX, diangkat menjadi raja umur 28 tahun…jadi bagaimana para pemuda, tidak menunggu diberi kesempatan tetapi menciptakan kesempatan.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>