Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

DPR, Tanda Bintang dan Ruang Abu- abu

Semoga ini awal reformasi yang sebenarnya dari bentuk2 pembenahan penyelewengan dana. Berdalih masih terdapat kekurangan: manajerial, kedua efisiensi dan ketiga ada anggapan KPK adalah lembaga Ad Hoc, pengajuan anggaran oleh KPK untuk sarana prasarana gedung baru tidak disetujui, diberilah tanda bintang, yang berarti tidak dapat dicairkan. Yang menjadi pertanyaan tanda bintang tersebut tidak ada dasar hukumnya. DPR sebenarnya akan bermain disini dengan menciptakan ruang abu- abu (lobi, yang berujung pada pemberian fee). DPR ibarat terkena batunya sekarang, sebuah lembaga seperti KPK lah yang berani mengungkapkan ini ke publik . Apakah selama ini lembaga/ departemen2 juga mengalami seperti itu……menurut Forum Indonesia Untuk Transparansi Anggaran (Fitra) sebagaimana diungkapkan dalam sebuah acara di TV terdapat 1000 bintang yang diberikan DPR terhadap usulan anggaran yang diajukan oleh lembaga, departemen atau kementrian. Disinilah letak kebocoran anggaran dari awalnya… Fee untuk meloloskan pengajuan anggaran di DPR yang dilakukan oleh lembaga, departemen atau kementrian. Yang katanya sudah menjadi rahasia umum.

Masih lekat dalam ingat kita bagaimana DPR dengan mudahnya akan membangun gedung baru dengan fasilitas yang tidak relevan dengan kerja mereka, sebuah kolam renang? dan tentu banyak yang menentangnya….kemudian renovasi toilet, penggantian sarana dan prasarana di ruang sidang badan anggaran….1 kursi seharga 235 juta fantastiskan!!! coba kita dapat membayangkan duduk dikursi seharga itu? Itu fasilitas untuk wakil rakyat, bagaimana dengan fasilitas untuk rakyat yang sebenarnya? Kita semua sangat kecewa….Banyak saudara2 yang hidup digaris kemiskinan…tidak punya rumah, hidup di kolong jembatan, rela ke luar negeri untuk jadi pembantu RT, dan bahkan ada fasilitas pendidikan yang sungguh memprihatinkan…layaknya sebuah kandang kambing….sungguh sangat ironi.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>