Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Wali Songo dibalut Mitos

WalisongoSepenggal cerita tentang penentuan arah kiblat saat mendirikan Masjid Demak, para ulama berdebat seru untuk menentukan ketetapan arah kiblat sehingga tampilah Kalijaga dengan melakukan aksi menajubkan, tangan kirinya memegang mustaka (puncak) masjid Demak dan tangan kanannya memegang mustaka Masjidil Haram di Makkah.

Kisah itu bisa melahirkan mitos bahkan tahayul betapa mereka lebih hebat dari para nabi. Walaupun kisah ini hanya melukiskan musyawarah sebagai dasar atau penentuan dasar negara yang hendak dibangun melalui syura para ulama. Hasilnya adalah kesepakatan Al quran dan Sunnah/ Hadist yang disimbulkan dengan masjidil Haram sebagai dasar negara Demak.

Bebicara tentang Kalijaga, sebagai PR (publik relation)nya para wali/, diplomat kasultanan Demak memiliki keunikan mengawinkan budaya hindu/ buda dengan keislaman. Adanya tontonan wayang dengan “membayar” menggunakan dua kalimat syahadat.

Ketika Kalijaga disadarkan oleh Sunan Bonang karena menempuh jalan sesat sebagai Brandal Lokajaya menyiratkan kisah yang tak wajar. Bonang menyadarkan Kalijaga dan mentahbiskan sebagai wali dengan menyuruhnya menjaga sungai hingga bertahun- tahun sehingga tubuhnya ditumbuhi lumut. Bonang seolah- olah menjadikan Lokajaya menjadi wali dengan cara tak islami. Masih banyak kisah lain yang jauh dari nilai- nilai islam.

3 comments to Wali Songo dibalut Mitos

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>