Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Muraqabatullah

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat . ” (QS An-Nur; 30)un tidur sampai kita akan tidur lagi

Penanaman keyakinan bahwa Allah SWT selalu mengawasi dan memantau kita kapan saja semenjak kita bangun tidur sampai kita akan tidur lagi, 24 jam non stop. Islam mengajarkan tentang adanya hukuman bukan saja karena sangsi tersebut kita diminta untuk meninggalkan segala perbuatan buruk tetapi karena merasa selalu diawasi dan terpantau oleh Allah SWT.

Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan. “ (QS Al-Baqarah: 110).

Pengawasan Allah SWT terhadap hambanya ada 3 macam:

1. Pengawasan langsung oleh Allah SWT sendiri.

Demikian dekatnya Allah dalam mengawasi kita sampai2 lebih dekat dari urat leher kita.

“Dan Kami lebih dekat kepadanya dari urat lehernya.” (QS. Qaaf 16)

2. Pengawasan melalui Malaikat

3. Pengawasan melalui anggota tubuh kita

Jadi Islam senantiasa mendekatkan antara perintah atau larangan dengan pengingatan bahwa Allah senantiasa mengawasi perbuatan manusia, sehingga diharapkan manusia menyelaraskan perilaku dalam kehidupannya dengan apa yang Allah inginkan, dengan dorongan yang datang dari dalam jiwanya sendiri.

1 comment to Muraqabatullah

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>