Tulisan Terbaru

Tautan

logougm-150  MMUGMSidebar150

Kota Tua Jakarta (Oud Batavia)

Liburan, kesempatan jalan-jalan bersama keluarga. Berlibur sambil memperkenalkan anak kepada lingkungan dan budaya. Mengunjungi Kota Tua Jakarta, sebagai salah satu museum yang menandai geliat kota Batavia saat itu dan juga tidak ketinggalan museum budaya salah satunya adalah museum wayang.

Wayang sebuah media yang berbasis masyarakat pada jamannya merupakan media yang efektif untuk menyampaikan pesan-pesan. Pertanyaannya adalah bagaimana mengemas kemasan wayang sehingga disukai oleh anak (dibaca generasi muda). Kita (Kalau boleh dikatakan Pak Dalang) harus mau menyelam dalam lautan pergaulan kawula muda…yang serba digital…simple..praktis…IT…

Pada museum wayang yang ada di Kota Tua Jakarta terdapat bermacam-macam jenis wayang, baik bahan bakunya (rumput, kulit, kertas dll) maupun asal daerah.Bentuk dan rupa wayang itu sendiri mengalami berbagai transformasi, menyesuaikan diri dengan dinamika zaman dan tempat dimana ia berkembang. Mulai dari wayang batu, wayang kulit, wayang golek, wayang klithik, wayang beber, hingga wayang orang dan masih banyak lagi. Antusias anak dengan bertanya bagaimana menggerakannya, bagaimana memainkannya, apakah bisa ngomong, gunanya untuk apa?

Wayang sebagai media sosialisasi saat itu (pada jamannya) sebenarnya masih sangat aktual pada jaman sekarang dalam artian bisa disukai oleh anak terutama, tinggal bagaimana mengemas wayang menjadi menarik, misalnya dengan menambahkan motor/ listrik untuk menggerakanya, semacam remote control, walaupun cuma tangan yang bergerak2. Apalagi anak dapat berpartisipasi didalamnya.

Keluar dari pakem? saya kira tidak sebagai upaya untuk melestarikannya perlu tranformasi sesuai dengan keadaan jamannya. Pakem gamelan sebagai ciri utama harus ada, tapi dimungkinkan juga menggunakan piano,gitar dan sejenisnya. Sehingga nanti akan lahir wayang beraliran rock…atau apalah. Penyanyinya pun tidak harus duduk dengan manisnya mungkin sedikit ada gerak…terbayang ndak ya?

7 comments to Kota Tua Jakarta (Oud Batavia)

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>